Blog ini boleh dibaca oleh siapapun, yang besar, kecil, muda sampe yang mbah-mbah. Salam Sahabat: Zakiyah Rizki Sihombing

Post Terbaru

Pagi Kabut di Lembaran Baru

| Kamis, 19 Juni 2014
Baca selengkapnya »

Kabut menyembul masuk menjejaki gulita pagi

Sesekali ada angin yang berhembus pelan

Lalu menyingkap horden dibalik jendela

Membuat aroma sejuk bertimpal dingin



Aku masih saja memandanginya sendu

Sementara lampu lupa untuk redup

Sebelumnya aku telah pahami

Ini lembaran pagi di tahun baru



Dingin mulai membekuiku

Angin juga begitu merdu

Aku bergegas menerobos kabut pagi

Dengan doa yang kuyakini kuat

Serta semangat yang kuikat erat



Aku sadar bahwa aku benar ternoda

Bahkan Tuhan telah murka

Lembaran tahun baru di pagi kabut

Kuhaturkan ampunanku pada-MU Tuhanku

Berserah diri untuk berubah

Pagi Kabut di Lembaran Baru

Posted by : Zakiyah Rizki Sihombing
Date :Kamis, 19 Juni 2014
With 0komentar
Tag :

Lima Waktu Berlumur Dosa

|
Baca selengkapnya »
     
Jalan bersimpang siur, berbelit-belit. Aku rasa renyah jalani hari dengah lumuran dosa berlimpah. Setiap waktu berlalu adalah dosa yang tak terbatas.

Subuh :
Mentari masih malu-malu keluar dari sarang. Noktah melumuri pagi gulita dengan mesra. Aku bercumbu dengan hujan yang merayuku untuk terus berbaring. Kumandang Adzan subuh menarik ulur jemariku, tetapi setan menimpahku. Tak berujung pada iman, aku pun terlelap dalam dosa yang merajaiku kelak pada api berbara. Pantaskah diri berharap sementara masih enggan memenuhi panggilan-Nya. Harus berperang dengan gerombolan yang menghasut diri, kusiapkan pedang tajam. Tapi apa, sukmaku dirajai oleh noktah durhaka.



Zuhur :
Aku terperangkap kehidupan duniawi, sibuk tak berarah menjadikan diri serakah memuaskan hasrat. Raksasa telah menggarisi imanku pada-Nya, lambat laun menipis dan akhirnya hancur.



Ashar :
Masih berlabuh di antara kade-kade rapuh yang kian menua. Berharap ombak keras menerjangku kemudian membiarkanku tewas dan mengapung. Tetapi, percayalah bahwa itu hanya sebuah harapan. Sebab aku seperti diikat tambang dan tak mampu mendekati mautku.Tuhan, panggil aku dalam waktu dekat. Aku lelah karena terus mengabaikan perintah-Mu.



Maghrib :
Kuhaturkan doa dalam perjalanan pulang agar selamat sampai peraduan. Kuratapi sesal yang mendalam disaat ketika orang berbondong-bondong mendatangi rumah-Mu. Sementara aku enggan berbuat tetapi terlalu tamak.



Isya:

Darah berlumuran, suara ambulance nyaring memenuhi pendengaranku. Aku terkapah-kapah dan terperanjat gemetaran. Mungkin usai di waktu isya nyawaku berlabuh. Tuhan begitu baik, Ia kabulkan doaku di waktu Ashar.

Lima Waktu Berlumur Dosa

Posted by : Zakiyah Rizki Sihombing
Date :
With 0komentar
Tag :

Ketiadaan yang Meraja

|
Baca selengkapnya »

Di antara remang berduri
Angin menerobos mengepul malam
Sayup-sayup hadir menjejaki jendela berdebu
Lalu hinggap entah buat apa

Pas…
Ketika manusia berlelapan dalam halusinasi
Yang memejamkan mata dan menerbangkan raga
Serta merta kita menggigili di rentang kebisuan

Perut yang mulai membusung
Adalah itu biasa saja
Mereka bertahan hidup tak layak
Seperti nyamuk yang kelaparan disudut jembatan

Lalu seperti apa manusia-manusia itu
Adakah tangan-tangan tuan itu memberi
Meski hanya merogoh receh di saku tebal
Dan melontar demi sepotong roti

Dahaga kering yang terlalu sering
Hidup terpelaning yang tidak begitu penting

Ketiadaan yang Meraja

Posted by : Zakiyah Rizki Sihombing
Date :
With 0komentar
Tag :

Elegi Tentangku

| Rabu, 18 Juni 2014
Baca selengkapnya »


 
Waktu bergulir laksana air mengalir

Cepat seakan tanpa hambatan

Beriring cuaca gulita dan senja

Aku pun seakan binasa



Ada duka yang begitu menyemat rasa

Pun suka yang menarik senyum setia

Dialah penghibur sejati

Tak lupa bersama angan dan mimpi



Meski ku rapuh dalam langkah

Ku tetap sujudkan padaMu

Sebab Engkau pencipta segala

Cinta ini hanya untukMu



Aku tak perduli Kapan Kau ambil hidupku

Yang pasti ku akan kembali Hanya padaMu

Maaf ini kupersembahan Hanya padaMu

Segenap jiwa rapuh

Dan berlimpah dosa

Ku berharap akan maafMu

Elegi Tentangku

Posted by : Zakiyah Rizki Sihombing
Date :Rabu, 18 Juni 2014
With 0komentar
Tag :

Gedung Renta yang Semakin Menua

|
Baca selengkapnya »



Terbit di Suara USU: Maret 2014





Gedung renta yang semakin menua


Ia lusuh berbalut debu


Warna yang mulai rapuh


Dinding membisu berharap hancur






Menyeka air mata yang tak berbanding


Tuan mana yang harus diamuk


Mengapa terlihat jelas perbedaan


Antara gedung ini, gedung itu..






Mereka bermegahan


Kami kesusahan……….


Mereka nyaman…………


Kami kepanasan……..






Gedung renta yang semakin menua…


Haruskah kami mengetam diri


Lalu membusuk dengan senyap


Lihatlah gedung renta yang tak seberapa






Ada luapan rasa yang berbeda


Ketika hak yang serupa


Dijadikan terlalu berbeda


Bahkan hampir tak menyerupa


Semampunya hanya mematut doa, saja…




03 Oktober 2013










Gedung Renta yang Semakin Menua

Posted by : Zakiyah Rizki Sihombing
Date :
With 0komentar
Tag :

Lembaran Bisu

|
Baca selengkapnya »


Kalender bisu menancap dinding biru

Ia tersusun di antara bingkai tak bernama

Lusuh, berapa kali sudah ia dibalik

Oleh tangan yang entah sesiapa pula



Ini lembar ke-sepuluh berwarna merah

Kuakhiri malam bershalawat nabi

Mengupas tuntas meminta ampunan

Memulai lagi hidup ini



Muharram berteman sepi bergelayut rindu

Berapakah sudah dosa yang melekati jiwa

Tertanam mendarahi daging manusia

Rentanya jiwa dinodai dosa



Aku lelah berlimpah resah

Aku lelah dihimpit gelisah

Tentang amukan jiwa yang bernoda

Diri yang terlebih-lebih durjana



Aku berdiam, muharram datang

Lewati hari dengan mengingat-MU

Bahwa tak ada yang sempurna

Sesungguhnya seluruhnya fana


Lembaran Bisu

Posted by : Zakiyah Rizki Sihombing
Date :
With 0komentar
Tag :

Tentang Kotaku (by: ur webdesigner)

| Selasa, 17 Juni 2014
Baca selengkapnya »
وإن تـــــدن مــــــنّي تــــــدن منـــــك مودّتــــــتي.. وإن تـــــنأ عــنّي تلـــــقني عنك نـــــائـيا
Kau mengenalku dari jauh, maka dari jauh pula ku ceritakan tempat tinggalku sekarang. Berharap satu hari nanti, Tuhan memberi kita kesempatan untuk menyaksikan apa yang ku lihat sekarang,, berjalan disepanjang ruas jalannya yang eksotis,, melihat-lihat betapa indahnya bangunan asli warisan Bohemia,, menyinggahi setiap tempat bersejarah di kota paling bersejarah di Eropa Timur. KLIK DI SINI YA....

Tentang Kotaku (by: ur webdesigner)

Posted by : Zakiyah Rizki Sihombing
Date :Selasa, 17 Juni 2014
With 0komentar
Tag :

Ruang yang Menghantar Terang

| Minggu, 15 Juni 2014
Baca selengkapnya »
Oleh : Zakiyah Rizki Sihombing



Semestinya kita tak pernah harus melupa

Apalagi menderu-deru ketidakbergunaan

Semestinya kita jadikan ia menjulang tinggi

Menghidupkan sel-sel yang mulai merapuhkan diri

Darinya kita mampu menghapus noktah

Melecutkan mimpi yang sesederhananya menjadi nyata



Haruslah , mestilah, patutlah..

Ia berjaya ditengah kepenantan yang merajai jiwa

Bukan lah amukan yang ia butuhkan diantara pertempuran

Melainkan dukungan yang mengantarkan pada sebuah kemegahan



Ia adalah sebuah ruang

Yang terlalu menerang..



Ia adalah sebuah wadah

Yang terlalu mewabah..



Sudahlah berpuluh tahun

Ia hantarkan anak bangsa pada kebaikan

Perihal kebajikan yang terus ia toreh pun berkebanyakan

Menjadikan bangsa menimang cita



Jayalah USU ku…

Jayalah bangsaku… 
 
 
 

Ruang yang Menghantar Terang

Posted by : Zakiyah Rizki Sihombing
Date :Minggu, 15 Juni 2014
With 0komentar
Tag : ,

REPORTER TAMU MINGGU-1

| Jumat, 13 Juni 2014
Baca selengkapnya »
Finally. ..
Sebenarnya sedikit sedih, karena kontrak jadi reporter tamu di Harian Medan Bisnis berakhir. Banyak kenangan dalam empat minggu ini. Berawal dari tanggal 23 Februari sampai 16 Maret 2014. Mengejar deadline adalah hal yang menantang jiwa sekaligus mengatur diri untuk mempersiapkan segala hal dengan maksimal. Dengan segala aktivitas kuliah yang mulai memadat saya harus mampu menyisakan sedikit waktu untuk menulis dan mencari berita demi memnuhi tugas menjadi seorang reporter tamu.

Menjadi seorang reporter itu menyenangkan , tetapi susah dijalani :D . Puncak bahagianya ya ketika artikel/berita yang dibuat ternyata mampu terbit di media, membaca nama kita disana sungguh bahagianya. Entah mengapa saya hobi melakukannya.

Bertemu dengan Azizah merupakan kebahagiaan, sebab dialah yang memperkenalkan dunia ini pada saya, terima kasih Azizah ;) , kamu adalah teman seperjuangan, kita deadliners sejati hihi. Mungkin sedikit banyak tulisanku yang ber "typo" menjadikanmu sulit, maafkan saya Azizah, sesungguhnya saya masih dalam proses belajar dan banyak kekurangan.

Seandainya diberikan kesempatan lagi untuk menjadi reporter tamu, maka dengan senang hati untuk tidak menolaknya, karena pengalaman menajdi reporter tamu di Medan Bisnis ini begitu menyenangkan.

Nih hasil liputan minggu pertama :











REPORTER TAMU MINGGU-1

Posted by : Zakiyah Rizki Sihombing
Date :Jumat, 13 Juni 2014
With 0komentar
Tag :

Daro Intelegensia Kota Tanjung Balai 2013 (Ratu Sehari)

|
Baca selengkapnya »

Awalnya aku gak yakin ikutan audisi ini, karena apa ? ya karena banyak hal yang aku yakini gak bisa aku lakukan pada seleksi pemilihan parano dan daro , salah satunya “pakai high heels” :D . Punya wedges aja enggak apalagi high heels. Oh God . Tetapi aku mencoba tanamkan dalam diriku semangat usaha, ya banyak usaha banyak tau cerita, betul tidak ? . 
Seleksi awal itu adalah tes psikologi kepribadian, dimana kami ( seluruh peserta yang terdiri dari 44 orang: diantaranya kebanyakan wanita) diwajibkan menjawab soal-soal yang panitia berikan. Dari soal yang kurang dari 100 soal itu aku dapat menyimpulkan bahwa panitia ingin melihat kejelian dan ketelitian kami dalam menjawab soal, ini bukan soal biasa cooy. Aku yang saat itu lagi kebelet pipis plus lagi flu berat pun memutuskan untuk terus berkonsentrasi tanpa menghiraukan keadaan fisik, ya hitung-hitung ini cobaan dari Tuhan. 

Oke, selanjutnya tes “cat walk” , setelah beberapa waktu diajarain sama Kak Gembreng akhirnya aku sedikit mengerti, badan yang biasanya jalan sesuka hati hari ini harus lemah gemulai dan senyum sepanjang zaman. Assssoy dag dig dug bingit ckck .

Rupa-rupanya aku masuk grand final, waduh tantangan selanjutnya pasti akan lebih berat. Untung punya untung Kak Gembreng selalu motivasiin aku meski pun aku kurang yakin ngejalaninya.

30 Desember 2013 perform pertamaku pake high heels, sanggul melayu yang gede, baju melayu berwarna hitam dan make up yang tebalnya entah berapa inch itu harus tak gendong kemana-mana. Banyaknya supporter ( ecek-eceknya ) buat aku lebih percaya diri waktu itu, apalgi Kak Vivie dengan gayanya dibawah panggung yang kayak cameramen itu membuat aku jadi senyum sepanjang masa, gosipnya nih setelah wisuda sarjana pendidikan Kak Vivie mau jadi fotografer hihihi. Kemudian senyum mengembang keluargaku dibawah pentas itu loo yang buat aku ngerasa “ah pede aja, anggap aja kayak di rumah dan penontonnya Cuma keluarga” , huaaaaa :D

Saatnya pengumuman pemenang, kami ( seluruh peserta ) masih di atas pentas dengan senyum mengembang dan gerakan tangan yang masih tak boleh bergerak itu agak ngerasa dag dig dug. Rupa – rupanya ketiga jurinya berdiri di sebelahku, yah aku jadi bisa ngelihat dengan jelas nama-nama pemenang itu hihihi. Jadi, waktu namaku dipanggil sebagai Daro Intelegensia ya biasa aja , kan udah ngintip duluan ckckck.

Terima kasih terbesarku buat Allah SWT dan keluarga tercinta yang udah mendukung aku mulai dari hal kecil sampai hal besar, terima kasih juga karena udah mau datang ngelihat aksiku pertama kali jalan seksi di atas pentas :D . Kemudian buat Kak Gembreng yang udah setia nemenin dan nyerewetin ini itu hihi, makasi makasi makasi banget Kak, tak lupa buat kedua peri imut Kak Vivie dan Kak Rahmayani yang udah rela sempit-sempitan dalam mobil demi ngelihat aku show hohohoho…

Terima kasih tak terbatas buat teman - teman di dunia nyata, terima kasih tak terbatas juga buat teman-teman di dunia maya terutama buat cendoler's tercinta ;) .

Tanpa kalian semua aku gak bisa apa-apa :* Lope lope lopeeeee dah .


Daro Intelegensia Kota Tanjung Balai 2013 (Ratu Sehari)

Posted by : Zakiyah Rizki Sihombing
Date :
With 2komentar
Tag :

Mimpi Keliling Dunia dengan Menulis

|
Baca selengkapnya »
Minggu, 26 Jan 2014 11:23 WIB - http://mdn.biz.id/n/75343/ - Dibaca: 326 kali
Yang Berkarya

(Nih, profil saya yang kebetulan dimuat di harian Medan Bisnis, sekedar berbagi mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi kawan-kawan)


Zakiyah Rizki Sihombing, gadis bersenyum manis ini lahir di Kisaran, 14 November 1994. Anak dari pasangan Bapak H.Zaidun Sihombing SAg dan Ibu Hj Asnah Batubara, merupakan puteri kedua dari lima bersaudara. Gadis yang sangat suka menulis ini, kuliah di Universitas Sumatera Utara (USU) jurusan Ilmu Komunikasi 2012. Kecintaannya dalam menulis telah muncul sejak duduk di bangku MTs. Awalnya Zakiyah mengaku bahwa ketika MTs ia iseng-iseng mengikuti berbagai lomba dan memenangkan sebuah lomba menulis cerita ceria dari feminax dan akan dikirim ke Bali, namun karena sesuatu hal ia tidak jadi berangkat ke Bali. Karena kekecewaan yang dialaminya itulah akhirnya ia bertekad untuk pergi berkeliling Indonesia bahkan dunia.

Keseriusan Zakiyah akan tekadnya itu membuat ia bergiat di berbagai komunitas baik komunitas yang ada di kampusnya maupun di luar kampusnya. Beberapa komunitas yang diikutinya yaitu: di komunitas CENDOL (CeritaNulisDiskusiOnLline) yayasan Universal Nikko, PersMahasiswa PIJAR (PelitaInsanTerpelajar ) dan Lembaga Kesenian Universitas Sumatera Utara. Karya tulis gadis berkulit putih ini pun telah terbit di beberapa media seperti Aneka Yess, Majalah Story, BatakPos, Suara Usu, Asahan Pos, Medan Bisnis, Harian Analisa, Anak Bangsa, C-Magz, Web Mayokoaiko.com, Media Pijar, IMAJINASI USU dan Harian Waspada. Selain itu tulisannya termaktub dalam buku Antologi Mengeja Warna Jembatan Langit 2013 dan Lebaran untuk Ibu 2013.





Gadis yang memiliki hobi menulis, fotografi, dan membaca ini telah banyak mendapat juara dalam berbagai perlombaan. Seperti: Juara 1 Menulis Cerita Jadi Ceria FEMINAX Aneka Yess Jakarta Pusat 2010, Juara 3 Musabaqah Fahmil Qur"an se-Kecamatan Air Batu 2012, Juara 1 Musabaqah Fahmil Qur"an se-Kecamatan Air Baru 2013, Juara 3 Musabaqah Fahmil Qur"an se-Kabupaten Asahan 2013, Juara 1 LombaResensi dan Perpustakaan MAN Kisaran 2012, Juara Hoki Go Lucky Standard Pen, Juara 2 Lomba Menulis Puisi Isi Kandungan Al-Qur"an MAN Kisaran 2012, Juara 1 Pidato Bahasa Inggris Memperingati Hari Besar Islam 2009, Juara 1 Pidato Bahasa Indonesia Memperingati Hari Besar Islam 2008, Juara 1 Marhaban Memperingati Hari Besar Islam 2010, Juara 1 Paduan Suara MAN Kisaran 2012, Juara Harapan 2 Pidato Bahasa Inggris Memperingati Hari Besar Islam 2008, Juara Harapan 2 Pidato Bahasa Indonesia FOGMI Asahan 2011, Juara 1 Cendoler"s Poin Komunitas CENDOL Bogor 2013, Terpilih menjadi Daro Intelegensia Kota Tanjung Balai 2013.

"Bisa menikmati keindahan luar negeri terutama Arab Saudi dan sangat ingin menjadi bagian dari pertelevisian Indonesia serta menjadi penulis terkenal menjadi impian terbesar Zakiyah," sambungnya saat obrolan singkat kemarin senja. (azizah nur fitria/eva rosanti) 

Mimpi Keliling Dunia dengan Menulis

Posted by : Zakiyah Rizki Sihombing
Date :
With 0komentar
Tag :

Jagoan Nari yang Punya Bakat Alami

|
Baca selengkapnya »
@medanbisnis

Zulfahmi Matondang, lahir di Binjai Serbangan Sumatera Utara 20 tahun silam ini anak dari pasangan Bapak H.Zulkifli Matondang dan Ibu Hj. Syamsidar Harahap dan merupakan seorang penari luar biasa. Berawal dari hobi kemudian menjadikan ia pria yang memiliki prestasi luar biasa, bergelut di dunia tari semenjak duduk di bangku MTs pada tahun 2007. Tidak hanya batas MTs, ia terus melanjutkan hobinya dengan bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa Tari UMSU (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) saat ini. Dengan menari ia telah melangkahkan kakinya sampai ke Negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand pada tahun 2012 dan 2013 lalu.



 
Prestasi yang telah ia raih antara lain,Juara 1 Fashion show GEMPPIKA Kecamatan Tahun 2010,Juara 1 Batle Rubik 3x3 Tahun 2011, Pelajar Terbaik angkatan 2012, Participant Malam Simfoni Serumpun di Malaysia 2012, Juara 3 Serampang 12 Kategori Remaja dalam rangka hari Lingkungan Hidup Sedunia di PRSU Medan tahun 2012 ,Juara 1 Festival Budaya Melayu Sumatra Utara di Palladium mall Medan tahun 2011, Best Spirit IMT-GT di Malaysia Tahun 2012 dan Best Combine IMT-GT di Thailand tahun 2013.

Saat ini ia sedang menempuh pendidikan S1 Manajemen Fak.Ekonomi UMSU (semester IV) mengaku bahwa alasannya bergabung di dunia tari adalah selain tidak ini budaya Indonesia di klaim oleh Negara lain juga karena melihat bahwa ada peluang besar untuk berprestasi di bidang senitari karena tidak banyak orang yang memiliki kemampuan tersebut.

Untuk meningkatkan solidaritas dan menumbuhkan jiwa sosial, Zulfahmi juga menjabat di berbagai komunitas saat ini antara lain; Sebagai ketua bidang seni dan olahraga Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) UMSU dan sebagai sekretaris UKM tari UMSU.Memiliki banyak keahlian adalah mimpinya."Selain nari saya juga hobi basket, karena saya yakin dengan main basket bisa menambah tinggi tubuh saya" jelasnya dengan diakhiri tawa riang dan senyum mempesona.(zakiyah/azizah)

http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2014/02/23/80767/jagoan_nari_yang_punya_bakat_alami/#.U5sClHdIMRx

Jagoan Nari yang Punya Bakat Alami

Posted by : Zakiyah Rizki Sihombing
Date :
With 0komentar
Tag :

Teruntuk Kamu yang Desain Blog Ini

| Kamis, 12 Juni 2014
Baca selengkapnya »
Teruntuk kamu yang desain blog ini, saya ucapkan terima kasih banyak. Awalnya saya terkejut sekaligus terpana akan hasilnya, karena jujur saya tidak pernah berfikir bagaimana mendesain blog saya dengan baik, tapi kamu melakukannya Kak. Syukron..syukron .

Hari ini adalah hari baik untukmu, kuucapkan selamat berulang tahun, semoga usiamu yang kesekian ini bisa menjadikanmu lebih baik kedepannya ya Kak, saya tidak punya apa-apa. Mungkin hanya sepenggal kalimat ini yang dapat saya susun dalam keadaaan yang kurang sehat. 


“Karena jika selalu ada kebaikan yang engkau beri, maka akan selalu ada bahagia yang engkau terima.” Happy Birthday, Happy Birthday, Happy Birthday .

Teruntuk Kamu yang Desain Blog Ini

Posted by : Zakiyah Rizki Sihombing
Date :Kamis, 12 Juni 2014
With 4komentar
Tag :
Next Prev
▲Top▲