Blog ini boleh dibaca oleh siapapun, yang besar, kecil, muda sampe yang mbah-mbah. Salam Sahabat: Zakiyah Rizki Sihombing

ATASI PHOBIA DARAH DENGAN DONOR DARAH

| Jumat, 08 April 2016

Sebagain makhluk di dunia ini takut pada darah, baik itu darah manusia maupun darah binatang sekali pun. Beberapa diantaranya bahkan ada yang gemetar, pusing hingga pucat saat melihat darah, bahkan terkadang hanya darah yang menetes di atas lantai bukanlah darah manusia yang baru saja mengalami kecelakaan. Di Indonesia sendiri ada orang yang saat melihat cucuran darah dalam jumlah banyak langsung mengalami sesak nafas, pandangan tidak jelas, tubuh lemas hingga terasa ingin pingsan.
Segelas, Air, Warna, Tinta, Darah, Merah, Larut
Phobia Darah
Nah, ini menjadi masalah yang harus segera diselesaikan sebab sampai kapan ketakutan itu akan merajalela? Sementara kita akan terus dihadapkan dengan kehidupan yang akan datang dimana suatu waktu tidak tidak akan tahu kapan waktunya kita harus siap menghadapi permasalahan yang serupa. Misalnya saja, kita phobia darah, namun pada saat yang entah kapan justru kita yang harus melihat darah itu secara langsung karena musibah yang menimpa. Itu bagaimana?

Maka bersiaplah sebelum itu terjadi, ya meski seharusnya mudah-mudahan tidak pernah terjadi pada kita. Salah satu solusi paling baik adalah dengan cara donor darah. Ya, donor darah memang sulit dilakukan apalagi pada mereka yang phobia akan darah dan belum pernah donor barang sekali pun.
Tetapi, donor darah justru bisa menjadi obat bagi mereka yang phobia akan darah. Berikut ulasannya:

Hilangkan Persepsi Buruk Tentang Darah

Pada dasarnya, seseorang takut akan darah karena terlebih dahulu otaknya telah berpikir buruk tentang darah, hal-hal negatif tentang darah dari orang ia serap begitu saja tanpa memfilter sedikit pun. Setelah diserap oleh panca indera, kemudian membentuk gambaran mental yang mengerikan sehingga sulit dihilangkan. Oleh karenanya perlu menghilangkan persepsi buruk tersebut. Yakinlah bahwa darah tidak pernah berbuat jahat justru ia membantumu.

Yakinlah Bahwa Darah Teman Baikmu

Tidak perlu khawatir, darah tidak akan pernah menjadi musuhmu sekali pun pemiliknya membuangnya begitu saja tanpa mengucapkan terima kasih. Kamu perlu sadar dan yakin bahwa darah telah memberikan segala manfaat yang baik bagi tubuhmu tanpanya mungkin kamu tak kan sekuat sekarang. Yakinlah bahwa darah adalah teman baik, bukan musuh yang ditakuti.
Perawat, Wanita, Orang, Keperawatan, Medis, Wajah
Palang Merah Indonesia
  •  Lihatlah Jarum dan Darah Meski Takut

Setelah yakin dan percaya hingga persepsimu berubah, mulailah beranikan diri untuk mendonor dan lihat darah secara langsung. Tidak perlu terburu-buru, sebaiknya pelan-pelan saja, buka mata dan lihatlah ketika jarum mulai menusuk tanganmu hingga akhirnya mengeluarkan darah setetes demi setetes lalu kemudian memenuhi kantong darah yang berada tepat di sampingmu. Simpe saja, persepsikan dan yakinkan dirimu bahwa darah tak memliki salah apa. Setelah melihatnya secara nyata, ulangi terus menerus hingga akhirnya kamu ingin sekali melakukannya lagi hingga berulang-ulang.
Jarum Suntik, Sarung Tangan, Medis, Darah, Penelitian
Suntik
Nah, itu dia cara mengatasi phobia darah, ya dengan cara mendonorkan darah. Selain itu ternyata donor darah memiliki manfaat lainnya, antara lain memperbaharui jumlah sel darah baru, mencegah penyakit jantung, mengurangi peluang terjadinya kanker dan satu hal lagi yang paling bermanfaat adalah dengan mendonor darah artinya kamu bisa menyelamatkan satu nyawa diantara jutaan orang di dunia yang butuh darah.
Darah Tas, Merah, Sel Darah Merah, Donor Darah
Donor Darah
Oleh karenanya, mulai dari sekarang seharusnya darah tak lagi menjadi mimpi buruk bagi kamu. Mulailah dengan mendorokan darahmu, hingga kemudian ketakutanmu akan menghilang secara perlahan.






0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲