AYO APRESIASI FILM INDONESIA

[Selamat Hari Film Nasional]

Perfilman Indonesia memang sudah berkembang sejak zaman dahulu kala, terutama sejak diperingatinya Hari Fim Nasional pada 30 Maret 1950. Dimana kejadian tersebut ditandai dengan perjalanan sejarah film Indonesia yang berjudul ‘Darah dan Doa’ serta disutradarai oleh Usmar Ismail. Film tersebut adalah sebuah karya terbaik anak bangsa yang sengaja diproduksi oleh perusahaan milik orang indonesia yakni Perusahaan Film Nasional Indonesia (Perfini).
Kamera, Tua, Antique, Voigtlander, Rasa Rindu
Selamat Hari Film Nasional

Seiring perkembangannya kita tahu bahwa film adalah tontonan serta hiburan semata yang mana memiliki peran dan kekuatan yang sangat luar biasa. Kekuatan itu diyakini mampu mempengaruhi cara pandang orang yang menontonnya. Suatu bangsa diyakini akan maju jika apa yang ditontonnya adalah cerminan budaya yang baik untuk perkembangan diri, masa depan dan hidupnya.
Proyektor, Film Proyektor, Bioskop, Demonstrasi, Film
Film

Bangsa Indonesia tidak dilihat dari segi bagaimana mereka mampu menghasilkan kekayaan tetapi bagaiman proses pencapaian yang telah dilaluinya. Bila dihubungkan dengan kondisi perfilman Indonesia mungkin jawabannya sangat singkat, adalah bagaimana Indonesia mampu memproduksi sebuah film yang memilki bobot serta eksistensi yang baik.

Apa yang dihasilkan bangsa Indonesia saat ini melalui produksi filmnya merupakan bentuk cerminan budaya Indonesia itu sendiri. Nyatanya ditengah upaya jerih payah bangsa Indonesia untuk memberikan penghargaan pada karya anak bangsa tetap saja film-film asing yang beredar seolah membanjiri di sekitarnya. Kondisinya tidak meyaknikan, karena kelihatannya tetaplah bahwa film Indonesia menjadi tamu di dalam rumahnya sendiri, tidak seperti film-film asing yang singgah lalu berkembang di negara orang lain.
Clapper Papan, Clapper, Film, Papan, Bioskop, Direktur
Clapper Papan

Kesadaran dan eksistensi mengenai penilaian sebuah film menjadi alasan bagi pengkonsumsinya, tak jarang bahkan masyarakat Indonesia sendiri memberikan rating buruk terhadap karya saudaranya hanya karena ingin dianggap keren karena menonton film-fim asing. Sebagian berpendapat bahwa film Indonesia tidak memiliki ketertarikan sedikit pun. Bahkan mereka tak tahu upaya dan jerih payah produksi film Indonesia sudah menelan miliyaran rupiah namun penjualannya tidak semudah film-film asing dikarenakan apresiasi yang tidak diterima dari masyarakat Indonesia itu sendiri.

Menakjubkan. Sebuah kata yang tergambar di benak para produksi film modern ini. Seberapa besar pun upaya yang mereka persembahkan tentu tidak akan memberikan efek apa-apa jika apresiasi dari bangsanya sendiri tidak terlihat. Kita sadar bahwa keterpurukan film Indonesia belakangan ini membutuhkan dukungan dari orang-orang di sekitarnya, karena apa? Karena 60% kuota pemutaran film Indonesia menurut undang-undang sudah cukup jelas untuk menggambarkan pemihakan yang seharusnya.
Kamera, Kamera Video, Lensa, Teknologi, Digital, Film
Camera Shooting
Berbagai permasalah lainnya tentu menjadi penghambat yang menjadikan kondisi perfilman Indonesia belakangan ini. Seperti keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) dan banyak lagi lainnya, sistem distribusi dan produksi adalah poin penting yang harus tetap dibenahi. Begitu pun dengan alur cerita yang disampaikan lewat film yang ditayangkan. Sebagaimana seharusnya bahwa masyarakat Indonesia berhak menerima informasi yang baik, tontonan yang berbobot dan dapat menjadikan pandangan yang baik kedepannya, apalagi jika hal-hal tersebut dapat merubah pola pikir penontonnya.
Perfilman Indonesia
Bukankah masa depan Indonesia juga bersebab atas dasar apa yang ditontonnya, baik itu lewat bioskop maupun televisi. Kesadaran serta apresiasi adalah hal yang paling penting diringi dengan cara-cara baru dalam mengeksplor perfiman Indonesia lebih baik lagi kedepannya. Jangan biarkan film-film asing membanjiri Indonesia sementara perfiman Indonesia tetap menjadi tamu di dalam rumahnya sendiri. Apresiasilah karya anak bangsa lewat upaya yang ditunjukkannya. 

Komentar

Postingan Populer