Blog ini boleh dibaca oleh siapapun, yang besar, kecil, muda sampe yang mbah-mbah. Salam Sahabat: Zakiyah Rizki Sihombing

MENGENAL LEBIH DEKAT FOTOGRAFI KOMUNIKASI USU

| Rabu, 07 Januari 2015



By: elephant_publisher

      Perkembangan fotografi yang sekarang semakin mewabah di kalangan masyarakat, baik itu kalangan remaja, pelajar, maupun mahasiswa, mengakibatkan mulai muncul banyak komunitas maupun organisasi dibidang fotografi. Tidak sedikit sekarang dapat kita lihat bahwa maraknya komunitas fotografi di kalangan masyarakat. Semacam menjadi sebuah trend baru bagi masyarakat, dunia fotografi sekarang lebih dikembangkan dengan berbagai kegiatan. Hal ini disebabkan karena banyaknya minat masyarakat untuk memperdalam dan juga menyelami dunia fotografi itu sendiri. Berbagai kegiatan yang sekarang banyak muncul antara lain mulai dari seminar, lomba, pameran, workshop, hingga kegiatan sosial yang menggabungkan beberapa komunitas fotografi pun sudah ada di kota Medan.




      Salah satu komunitas fotografi yang ada di Medan adalah Fotografi Komunikasi (FOKUS) USU. FOKUS USU adalah sebuah komunitas fotografi milik mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara, dan anggotanya terdiri dari mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU saja. Komunitas ini berada di bawah naungan Divisi Fotografi Jurnalistik IMAJINASI (Ikatan Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi) USU dan komunitas ini mempelajari fotografi secara umum..


      FOKUS USU berdiri pada tanggal 24 Mei 1998 dengan hasil kerjasama antara Haris Wijaya (Dosen Fotografi Ilmu Komunikasi USU) beserta teman-temannya. Namun, pada tahun 2001,FOKUS USU sempat vakum dikarenakan harga peralatan-peralatan fotografi yang sangat mahal. Pada tanggal 17 Mei 2010, dipelopori oleh Alm. Budi Marahim, FOKUS USU kembali aktif hingga sekarang.

      FOKUS USU pernah menjadi pengajar fotografi di SMA Harapan 3 pada tahun 2011 dan ditahun yang sama FOKUS USU pun turut serta dalam kegiatan Street Hunting pertama yang diadakan di Medan. FOKUS USU juga sudah mengikuti banyak event dan lomba fotografi yang ada di Medan. Tahun ini saja FOKUS USU sudah mengadakan beberapa event dan lomba fotografi. Salah satunya adalah event tahunan dari Divisi Fotografi Jurnalistik IMAJINASI yaitu Workshop Fotografi. Workshop Fotografi terakhir yang sudah terlaksana bertemakan “Conceptual Wedding Photography”, Workshop ini mendatangkan pembicara dari Jogjakarta yaitu Mishbahul Munir (Owner Poetra Foto) dan Heinrico Hardi (Ketua Asosiasi Fotografer Sumatera Utara (AFSU)).

      Kemudian, FOKUS USU juga mengadakan Gathering Fotografi yang bertemakan “ Photo Story”, yang dilaksanakan di bulan Juni 2014. Dengan mengundang pembicara ataupun pemateri yaitu seorang Fotografer ternama, Andi Lubis. Gathering fotografi ini dilaksanakan di salah satu pasar tradisional, yang dimaksudkan agar dapat memberikan kesan hasil foto yang lebih nyata dan hidup. Gathering ini diikuti oleh banyak mahasiswa dari berbagai fakultas, dan juga merupakan wadah untuk mengasah kemampuan mereka dalam dunia fotografi.









                                (hasil foto dari berbagai peserta Gathering Fotografi FOKUS)


      Selain itu, FOKUS USU juga ikut serta dalam Futsal Fotografer (Futsalgrafer) yang diadakan oleh Asosiasi Fotografer Sumatera Utara (AFSU) dan menjadi panitia dan ikut serta dalam Pameran Foto yang besar di kota Medan yaitu “Salon Foto Indonesia ke 35”.




      Selain banyak prestasi dan event yang diikuti, FOKUS USU juga memiliki anggota yang rata-rata sudah memiliki prestasi sendiri mengenai fotografi dan aktif di berbagai kegiatan fotografi di Medan. Tidak hanya itu, job juga mulai sedikit demi sedikit mendatangi dan mengalir untuk beberapa anggota FOKUS. Misalnya saja untuk acara birthday party, pra wedding, acara wedding, dan juga konser.






























































































0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲