Blog ini boleh dibaca oleh siapapun, yang besar, kecil, muda sampe yang mbah-mbah. Salam Sahabat: Zakiyah Rizki Sihombing

SERUNYA BELAJAR JURNALISTIK

| Minggu, 21 Desember 2014
Oleh : Zakiyah Rizki Sihombing

      Medan, Desember 2014. Betempat di ruang sidang FISIP USU, Ikatan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (IMAJINASI) bekerja sama dengan DAAI TV untuk memberikan materi seputar jurnalistik khusunya kepada mahasiswa/I Ilmu Komunikasi FISIP USU. 

      Acara yang dimulai pada pukul 08.00 pagi itu dipandu oleh Haris Nasution selaku MC kemudian dilanjutkan oleh pemamparan seputar menulis feature jurnalistik oleh Khairiah Lubis yang merupakan bagian dari DAAI TV itu sendiri.

Dalam pemaparannya, Khairiah mengatakan” feature jurnalistik adalah sebuah tulisan yang ditulis secara luwes dan menarik dan tak lekang oleh waktu”. 

      Dalam dunia jurnalistik, diperlukan bakat menulis, baik itu menulis straight news ataupun feature. Mahasiswa/I Ilmu Komunikasi sendiri misalnya, dalam perkuliahan mereka diajarkan segala hal tentang jurnalistik. Namun pengaplikasiannya hampir tak terlihat nyata. Menulis feature diakui memang perlu kesabaran dan ketaletan. Itulah yang menjadi alasan mengapa mahasiswa Ilmu Komunikasi perlu memperlajari ini.



      “Feature jurnalistik itu terbagi dua yaitu News Feature dan Human Interest Feature” tambah Khairiah lagi.

      Setelah belajar menulis feature secara mendalam, peserta disuguhkan oleh panitia seorang pembicara yang kedua yang juga diundang dari DAAI TV. Kali ini peserta ditantang untuk menjadi reporter, kameramen, editor dan penulis skrip yang secara langsung turun ke lapangan dengan peralatan yang telah tersedia. 

      Peserta yang terdiri dari stambuk 2012. 2013 dan 2014 itu terlihat begitu antusias mengikuti acara ini dilihat dari keaktifan bertanya dan hasil berita yang telah mereka hasilkan dari terjun langsung ke lapangan lewat sebuah video yang ditampilkan langsung dilayar monitor infocus. 



Riuh tawa peserta memenuhi ruangan, melihat tayangan video yang mereka hasilkan dalam waktu kurang lebih 45 menit. Ada yang malu-malu, ada yang sudah mahir bahkan ada juga yang hampir mendapat nilai sempurna. 

“Acaranya menarik banget, nambah wawasan dan juga menjadikan aku tambah tertarik dalam dunia jurnalistik” ujar Fathia yang merupakan salah peserta acara tersebut. Acara berakhir pada pukul 14.30, ditutup dengan rasa puas dan ilmu baru oleh para peserta.




By : @AtuAlaa
Medan, 21 Desember 2014 , 23: 04

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲