Blog ini boleh dibaca oleh siapapun, yang besar, kecil, muda sampe yang mbah-mbah. Salam Sahabat: Zakiyah Rizki Sihombing

KENALI PENGARUH POSITIF BERORGANIASI SEJAK DINI

| Selasa, 16 Desember 2014
Zakiyah Rizki Sihombing

      Sebagai mahasisiwa di sebuah universitas tugas utama kita adalah belajar, belajar dan belajar. Padatnya perkuliahan terkadang banyak menyita waktu kita sebagai mahasiswa. Namun, disamping itu semua perlukah berorganisasi?. Ya, jawabannya adalah perlu. Seorang mahasiswa akan mendapat nilai lebih apabila ia tidak hanya aktif mengejar nilai akdemis saja tetapi juga berorganisasi. Perlu diketahui bahwasanya, seseorang kuliah untuk belajar kemudian tamat dan bekerja. Untuk bersaing di dunia kerja kelak, bukan hanya kemampuan akademis yang dipertimbangkan tetapi juga soft skill. 

      Nah, pertanyaannya adalah dari mana soft skill itu didapatkan kalau bukan dari organisasi. Dengan berorganisasi seorang mahasiswa akan mendapatnya pelajaran yang sangat berharga untuk kemudian diaplikasikan dalam dunia kerja. Organisasi akan membiasakan kita bekerja dalam tim, memperluas wawasan berfikir, memiliki jiwa kepemimpinan dan menjadikan kita pribadi yang pandai memenej waktu. 



      Kenyataannya, memang terkadang sulit bagi seseorang yang tidak ahli membagi waktu antara kuliah dan organisasi. Dari sinilah, kedisiplinan seseorang dimulai, bagaimana caranya membagi waktunya, melihat ke-urgentan sebuah aktivitas , dan melatih diri memenej waktunya sendiri. Intinya pandai-pandailah membagi waktu dan pandai melihat prioritas tertinggi yang harus utama dikerjakan.

     Pengaruh. Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia organisasi kita harus paham dulu, sebenarnya apa yang kita dapatkan kelak. Bagimana pengaruhnya terhadap kegiatan penting lainnya. Organisasi yang dimaksudkan bukanlah organisasi yang sekedar popularitas apalagi formalitas. Tetapi organisasi yang benar-benar mampu melatih kemampuan serta kepribadian kita menjadi lebih baik sehingga banyak yang melirik. Banyak orang meyakini selain untuk mengajarkan kita bekerja dalam tim ternyata dapat memperluas relasi. Sebab di dalam berorganisasi kita akan menemukan orang-orang dari berbagai penjuru, bukan tidak mungkin kita akan mendapat link info penting dan pekerjaan dari mereka kan?. Membangun relasi dari organiasi diperlukan sejak dini, hal ini cukup membantu dalam hal apapun. Tidak percaya? Sepertinya kamu harus mencoba.

      “Organisasi mengajarkan aku untuk disiplin dan pandai bertanggung jawab” komentar Puput yang merupakan mahasiswa aktif di organisasi kampusnya

      Tidak heran. Mahasiswa yang berprestasi adalah mahasiswa yang berorganisasi. Mahasiswa yang berorganisasi sudah pasti adalah mahasiswa yang berprestasi. Persaingan dunia yang kian ketat membuat kita harus kuat. Bukan hanya duduk, diam tapi harus berbuat.

      Orang India yang bijak pernah mengatakan “Ciri-ciri orang miskin di kemudian hari adalah orang yang banyak tidur, menunda pekerjaan dan tidak berbuat.” Berbuat yang dimaksudkan adalah aktif berorganisasi serta melakukan hal-hal bermanfaat yang berguna bagi orang lain.

      Bagaimana dengan sobat belia? Kalian pasti juga berorganisasikan?. Tidak ada yang perlu ditakutkan. Kalau tidak bisa mari belajar, kalau tidak berani mari mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲