Don't Complain



"Hari gini masih ngeluh? emangnya apa untungnya? bias ngebuat kamu lega gitu?"


      Entahlah. Gak tahu kenapa, akhir-akhir ini aku sering banget denger teman-teman di sekitar pada ngeluh gara-gara tugas kuliah lah, ujian yang jadwalnya gak karuan lah, dosen yang suka mehape-in lah, gak yakin sama kemampuan dirilah dan bla-bla-bla. Sebenernya apa sih motif yang ngebuat kalian ngeluh? emang kalau udah ngeluh terus dishare di sosmed masalah itu bisa selesai? enggak kan. 

      Aku punya cerita, ketika itu ada seorang teman yang baru pulang dari kampus dengan muka bete dan ngomel-ngomel sepanjang zaman. Kita yang gak tahu apa-apa jadi kebingungan "nih anak maunya apa sih?" mau ngebagiin omelan ke kita gitu? kan kita ndak tahu apa-apa. 

      Dengan semangatnya dia bilang " benci kali la sama dosen yang ini, udah bela-belain gak pulang kampung biar bisa masuk mata kuliahnya, eh dia gak masuk, nyebelin banget, tahu gitu gak bakalan aku masuk kuliah." 
Belum lagi aku ngerespon dia udah mulai ngelanjutin keluhan selanjutnya ...
"Ih, pusing kali lah sama dosen yang ini, ngasi tugas yang banyakan pake harus kirim ke emailnya segala lagi, udah tau internet lelet" 

Dalam hati aku jawab (makanya pake modem, jangan cuma ngandalin wifi), itu cuma dalam hati doang kok. Sebenernya aku jawab gini ...
"Kalau lagi ngeluh gini, coba ingat perjuangan kau dulu masuk USU, capekkan? harus saingan sama ribuan orang untuk ambil satu bangku, nah kok sekarang malah ngeluh?"................hening............dia tertegun. Aku melanjutkan.. 
"Semua ini proses, jalani aja. Kalau sekarang kau stress yakin aja masa depan pasti sukses"..... hening (lagi) ....kemudian dia tersenyum.

     
     Cerita kedua ; Aku punya seorang teman yang mimpinya itu selangit, tapi selalu ngeluh karena ngerasa enggak bisa inilah, itulah, padahal pengennya kayak gini, kayak gitu. Kalau ada orang yang lebih kece dari dia pasti selalu ngiri (dalam artian pengen kayak orang yang dimaksud). Suatu ketika dia bilang ke aku dengan membara-bara *api keleus pakai bara. Dia ngoceh sepanjang perjalanan pulang, aku cuma angguk-angguk *gak pake geleng-geleng ya (kayak ada lagunya deh). Waktu dia udah bener-bener diam, aku ngomong ...
"Yang kau maksud itu si A kan? yang gosipnya dia itu athe** ya? dia aja gak punya Tuhan bisa sesukses itu, nah kau yang jelas-jelas punya Tuhan kenapa ndak bisa." 
Dia terdiam terlihat sedang berfikir lalu "Ah Zek, makasih ya" senyum sumringah terpancar dari wajahnya.

So, don't complain. Ambil hikmah dari setiap kejadian dan perjalanan bukan malah jadi nimbulkan keluhan. Move on gih..

Sabtu malam, 01 November 2014. 
21:33 WIB


Komentar

Postingan Populer