Blog ini boleh dibaca oleh siapapun, yang besar, kecil, muda sampe yang mbah-mbah. Salam Sahabat: Zakiyah Rizki Sihombing

Afif, Sosok Inspiratif

| Minggu, 30 November 2014
Masih PART 1; bagian mahasiswa berprestasi "yang berkarya", kali ini ketemu sama mahasiswa multitalenta di berbagai bidang. Thanks buat Rapidah Marpaung yang udah ngenalin reporter sama mahasiswa berprestasi ini ya ;)



Oleh : Zakiyah Rizki Sihombing/ Eva Riyanty Lubis

      Raden Mas Afif Handri Nabawi, bagi kalangan siswa dan mahasiswa yang sudah bergelut di forum debating pasti sudah mengenal sosok ini. Adalah mahasiswa stambuk 2012 Psikologi Universitas Sumatera Utara yang telah mengepakkan sayapnya lewat debat semenjak berada di SMA. Pria kelahiran Medan 10 Januari 1994 ini biasa dipanggil “Afif” oleh teman-temannya adalah pria yang sangat aktif di berbagai organisasi seperti; Ansamble musik SMA Harapan 1 Medan, Harapan English Club, Medan Guitar Jam, Youth Jazz Community, Formasi Al-Qalb USU dan USU Society for Debating.

      “Tahun ini aku lebih aktif ke debat sih karena aku jadi Presiden di USU Society for Debating.” Perjalanan debatnya sudah mencapai tingkat tertinggi yaitu ketika ia mengikuti perlombaan debat se-Asia. Berbicara mengenai debat, ia telah menjuarai beberapa perlombaan debat seperti ; Peringkat 10 novice team Asian English Olympic (lomba debat tingkat asia), Juara 1 SOVED (lomba debat se-Sumatera), Terpilih menjadi Adjudicator/ juri di NUDC Batam dan terakreditasi (lomba debat Nasional), 9th best speaker SOVED (tingkat sumatera), Peringkat 23 IVED ITB (lomba debat nasional), Juara 3 pembicara terbaik lomba debat PROVSU, lomba debat PROVSU (team), 2nd runner up USUEDC (lomba debat tingkat USU), Juara 2 Focus Debate (lomba debat kota medan), 2nd best speaker Focus Debate.

Pria cool yang baru saja pulang dari Surabaya untuk mengikuti lomba debat ini ternyata bukan saja berprestasi dibidang debat tetapi ia juga berprestasi dibidang music. “Waw” mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan sosok seorang Afif. Kelihaiannya memainkan gitar telah menghasilkan sebuah album instrumental yang berjudul “Alter Ego.” Untuk wilayah Sumatera Utara, albumnya sudah laku hingga 250 album dan dalam waktu dekat kemungkinan Afif bersama produsernya akan mengeluarkan album kedua.



      Bukan hanya itu, ia juga memiliki band bersama teman-temannya. Prestasinya dibidang music terus meroket seiring berjalannya waktu, terbukti dari kemenangannya dari berbagai festival antara lain ; Best guitarist Axis Band Competition 2011, finalis (peringkat 4) Medan Guitar Competition GitarPlus 2013 (Gitar Solo), Juara 1 pada UFO (festival band SMA Harapan) 2010 dan 2011, Juara 1 pada SUPERBOX (festival band Se-kota Medan) 2010, Opening act Samsons dan D’masiv di lapangan Benteng 2008, Peringkat 19 Guitar Competition di Medan 2009, Juara 1 Festival Band umum sekota Medan LP31 2012.


      “Jadilah pribadi yang unique karena sebenarnya kita tidak perlu sukses tapi kita perlu beda” begitulah Afif menuturkan, ia menjelaskan agar dikenal dan bisa mendapat relasi juga bersosial kita harus menjadi pribadi yang beda dan unique. Menjadi diri kita apa adanya serta mencari dimana kemampuan kita yang sebenarnya adalah kunci utama menjadi sosok yang berprestasi.

      Debat dan music. Prestasinya tak hanya berhenti pada dua bidang itu saja, ia juga memiliki segudang prestasi lainnya yang dapat dibanggakan seperti ; Juara 3 Mahasiswa Berprestasi USU 2014, The Best Talent pada awarding night SMA Harapan 1 Medan 2011, “favorite student in the top class XI Science 1” SMA Harapan 1 Medan 2010.

      Keaktifannya diberbagai organisasi kampus, nonkampus, debat, music dan kegiatan lainnya tidak menjadikannya lupa terhadap kewajibannya belajar di kampus, “Selain jago debat dan music, IPnya juga tinggi” komentar Pida yang merupakan teman satu stambuknya di Psikologi.

      Untuk mendengarkan dan mengetahui karya Afif bisa mencarinya di Youtube dan SounCloude miliknya yang merekam jejak karyanya. Atau bisa bergabung di forum debat kota Medan. “Sebenarnya jiwa aku dimusic karena itu hobi aku, tapi aku juga suka debat” tutupnya diakhir wawancara sore itu.



0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲