Blog ini boleh dibaca oleh siapapun, yang besar, kecil, muda sampe yang mbah-mbah. Salam Sahabat: Zakiyah Rizki Sihombing

Review : Kepingan Puzzle yang Berserakan, Love Puzzle.

| Kamis, 27 Februari 2014


Judul Review              :  Kepingan Puzzle yang Berserakan, Love Puzzle.
Judul Buku                  : Love Puzzle
Penulis                          : Eva Sri Rahayu
ISBN                            : 978-602-1606-04-9
Penerbit                        : Noura Books
Editor/Penyelaras Kata : Ifnur Hikmah , Novia Fajriani, Lian Kagura
Desain Cover                : Fahmi Ilmansyah
Tanggal Terbit               : November 2013
Harga                            : 49.000
Tebal                             : 286 halaman.; 13x19 cm


Sebuah novel cantik karya wanita cantik “Eva Sri Rahayu.” Berawal dari Puzzle dimana Rasi bertemu dengan Raja di atap Bandung Indah Mall (BIM). Perkenalan itu pun dimulai. Padahal baru saja ia menjadi rajin singgah ke atap BIM sekedar untuk memotret pemandangan indah yang ada disana. Namun, pertemuannya dengan Raja menjadi alasan mengapa ia menjadi berulang kali datang ke atap BIM.
Puzzle kedua, Rasi menemukan sosok yang sangat mirip dengan Raja di tempat latihan klub basket. Bertujuan untuk memenuhi permintaan Reta temannya yang ingin difoto saat bermain basket. Saat melihat Raja, Rasi tersenyum tapi Raja malah mengacuhkannya. Sampai ia berfikir bahwa cowok ganteng itu terkadang emang suka amnesia.
Kecurigaan Rasi semakin menjadi-jadi ketika ia lihat banyak perbedaan antara Raja yang ia temui di atap BIM dengan Raja di tempat latihan klub basket.
Novel ini sebenarnya menggunakan tema yang benar-benar enggak pernah  disangka, bercerita tentang anak kembar yang ternyata salah satunya sudah meninggal dunia. Bahkan hampir saja saya membalik kertas ending karena penasaran dengan akhir cerita ini sebenarnya, padahal bacaan saya baru saja pada puzzle ke-lima.
Kepribadian Raja yang ia temui di atap BIM adalah Raja yang baik dan lemah lembut, tetapi ketika Raja ia temui di tempat berbeda kepribadiannya justru berbanding terbalik. Membuat Rasi linglung dan bingung. Rasi yang penasaran terus menyelediki Raja yang sebenarnya hingga Rasi menaruh hati pada Raja Alexander, Raja yang berkepribadian kasar dan acuh tak acuh.
Ditengah kebingungan seorang Rasi pada pria bernama “Raja” ia menemukan sosok wanita yang sedang tersasar, namanya Ayara. Semenjak saat itulah Rasi berteman dengan Ayara, wanita yang ternyata juga mencintai Raja. Melihat kondisi Ayara yang memilukan, Rasi kerap kali mengalah. Membiarkan Raja-nya dimiliki oleh Ayara. Hingga akhirnya ia tahu bahwa yang dicintai Ayara adalah seorang yang sudah meninggal dunia yaitu Raja Iskandar. Sementara itu Raja Alexander sudah berulang kali mencoba menjelaskan pada Ayara bahwa ia bukan Iskandar, tetapi Ayara menolak. Hingga Rasi yang harus tersakiti, Rasi yang mencintai Raja terhalang oleh Ayara.
Pengembangan karakter yang begitu baik terdapat pada novel, membuat pembaca benar-benar mengerti posisi kejadian yang sebenarnya. Tetapi porsi untuk peran pembantu seperti Reta dan teman-teman Rasi lainnya kadang seperti tidak dibutuhkan. Hanya terjadi percakapan beberapa kali saja, dan dianggap mubazir.
Karena Rasi adalah perempuan yang pantang menyerah, maka ia belum juga berhenti menyelidiki tentang Raja. Dari mendatangi rumah Raja sampai menemui satu-satunya  teman yang dimiliki oleh Raja, dia adalah Red. Rasi menanyakan perihal Raja kepada Red dengan penuh rasa penasaran. Red menceritakan kejadian yang sebenarnya kepada Rasi karena ia tahu bahwa Rasi adalah orang yang mampu menolong Raja dari keterpurukan dan rasa bersalah yang ia alami bertahun-tahun ini. Raja yang masih merasa terus bersalah karena merasa bahwa ia yang membuat saudara kembarnya meninggal dunia. Padahal hal itu tidak seharusnya terjadi.
Novel ini dapat diakui memiliki kelebihan yang memang sangat berlebih, mampu menyihir pembaca menjadi merasa benar-benar ada dalam kejadian yang sebenarnya. Pemilihan bahasa yang mudah dipahami, dan ditambah dengan beberapa kalimat yang menggunakan bahasa inggris. Namun, dari segala kelebihan yang ada tidak dapat dipungkiri bahwa juga terdapat beberapa kekurangan seperti ; novel ini tidak seharusnya “masih” memasang police line di dekat pintu masuk atap BIM. Karena kejadian itu bahkan sudah empat tahun lalu, bukankah seharusnya sudah dicabut atau bahkan telah rusak.
Akhirnya, kebenaran akan membawa tuannya pada kemenangan. Alex diakui kembali sebagai alex yang sebenarnya dan percakapan pun diakhiri oleh Rasi “Alex, I don’t wanna wait for another life to be yours.”



 by : Zakiyah Rizki Sihombing

Review ini ditulis untuk mengikuti lomba review novel Love Puzzle yang didukung oleh : 




 Ini nih book trailer-nya : 
http://www.youtube.com/watch?v=iba98Y_MULM

2 komentar:

  1. Terima kasih reviewnya, Zakiyah ^_^
    Saya juga suka kalimat itu. Romantis >.<

    BalasHapus

Next Prev
▲Top▲